Kategori
Society

Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda

Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda

Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda, – Kapolri Jenderal Idham Azis melantik sejumlah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) berdasarkan rotasi yang dilakukan melalui surat telegram yang diterbitkan pada 3 Agustus 2020 lalu. Pelantikan itu dilakukan di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta pada Senin.

Dalam upacara ini ada sejumlah pejabat polisi yang dilantik, termasuk di antaranya adalah rotasi 8 Kapolda.

“Pada pagi hari ini Senin, 31 Agustus 2020 bertempat di Rupatama Mabes Polri diadakan kegiatan sertijab beberapa Kapolda yang kemudian dilanjutkan dengan Upacara Kop Rapot Kenaikan Pangkat Ke dan Dalam Pati Polri,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

1. Ada 8 Kapolda yang dirotasi oleh Kapolri

Awi menjelaskan bahwa upacara serah terima jabatan (sertijab) sekaligus pelantikan sejumlah pejabat tinggi (Pati) Polri ini sesuai dengan Surat Telegram Bapak Kapolri Nomor ST/4427/VIII/KEP./2020 tanggal 3 Agustus 2020

“Ada beberapa Pati Polri yang mutasi atau mendapatkan jabatan baru. Terdapat 8 Kapolda yang dirotasi, 1 Asops Kapolri, dan 1 Kadiv TIK Polri,” ujarnya.

2. Ada 22 Pati yang naik pangkat

Kemudian terkait dengan kenaikan pangkat golongan Pati Polri, Awi juga menjabarkannya. Ada 10 Pati yang mendapatkan kenaikan pangkat Irjen dan 12 Pati mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigjen.

3. Daftar 8 Kapolda yang dilantik

Berikut adalah 8 Kapolda yang dirotasi:

  • Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), Kini Irjen Herry Rudolf, sebelumnya menjabat Asops Kapolri, menggantikan Irjen Muktiono yang kini menjabat Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri.
  • Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara), kini Irjen Bambang Kristiono, sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri, menggantikan Kapolda Kaltara Irjen IndrajidIrjen Indrajid yang kini menempati posisi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri.
  • Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) kini Irjen Z Panca Putra, menggantikan Irjen Royke Lumowa, kini menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.
  • Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), kini Brigjen Pol Yan Sultra Indrajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sultra, menggantikan, Irjen Merdisyam yang kini menjadi Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), yang sebelumnya dipegang oleh Irjen Mas Guntur Laupe.
  • Wakapolda Sultra kini ditempati oleh Brigjen Pol Waris Adono. Irjen Mas Guntur Laupe sekarang menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.
  • Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) kini dipegang oleh Brigjen Pol Abdul Rahman Baso, menggantikan Irjen Syafril Nursal yang  akan menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.
  • Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) kini diisi oleh Irjen Lotharia Latif, menggantikan Irjen Hamidin yang dipindah sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.
  • Kapolda Gorontalo akan dijabat oleh Brigjen Pol Akhmad Widyagus menggantikan Irjen Adnas yang dipindah sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.